Sabtu, 29 Januari 2011

Bahan Magnetik Dan Bahan Nonmagnetik

Salah satu sifat magnet adalah memiliki gaya tarik. Artinya, apabila magnet diletakkan berdekatan dengan jenis-jenis logam tertentu akan menarik dan mempertahankan logam tersebut untuk tetap menempel padanya.

Benda-benda logam apasaja yang dapat ditarik oleh magnet dan bends-benda apa yang tidak dapat ditarik oleh magnet?. Bahan-bahan yang dapat ditarik oleh magnet disebut bahan magnetik dan yang tidak dapat ditarik oleh magnet disebut bahan nonmagnetik. Lebih lanjut, bahan magnetik diklasifikasikan sebagai berikut:
a. Bahan ferromagnetik, bahan yang ditarik dengan kuat oleh magnet. Contohnya adalah nikel, besi, baja, dan kobalt.
b. Bahan paramagnetik, bahan yang ditarik lemah oleh magnet. Contohnya adalah aluminium dan plating.
c. Bahan diamagnetik, bahan yang sedikit menolak magnet. Contohnya adalah seng, bismuth, dan natrium klorida.
Berdasarkan asalnya, magnet dibagi menjadi dua kelompok, yaitu magnet alam, yakni magnet yang ditemukan di alam dan magnet buatan, yakni magnet yang sengaja dibuat oleh manusia.

Selanjutnya, berdasarkan sifat kemagnetannya, magnet buatan dikelompokkan menjadi magnet tetap (permanen) dan magnet sementara. Magnet tetap adalah magnet yang sifat kemagnetannya tetap (terjadi dalam waktu yang relatif lama). Sebaliknya, magnet sementara adalah magnet yang sifat kemagnetannya tidak tetap atau sementara.

Pada umumnya, magnet permanen terbuat dart baja, sementara magnet tidak tetap terbuat dari besi lunak. Disesuaikan dengan kegunaannya, dewasa ini magnet dibuat dari beberapa jenis logam. Berdasarkan jenis bahan yang digunakannya magnet dapat dibedakan menjadi empat tipe, yaitu:
a. Tipe Magnet Permanen Campuran
b. Tipe Magnet Permanen Keramik
c. Tipe Magnet Besi Lunak
d. Tipe Magnet Pelindung

Referensi
Teori Dan Aplikasi Fisika Smp Kelas Ix

1 komentar: